Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

Ditulis pada: 10 February 2020 | Kategori: Uncategorized

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin. Lurik adalah bahan dasar untuk pembuatan surjan.

Kain lurik banyak digunakan di kalangan masyarakat baik muda maupun dewasa, sehingga tidak heran kenapa lurik banyak digunakan khususnya dalam suatu acara karena lurik sendiri mempunyai ilai filosofi dan juga sejarahnya.

Lurik sebagaimana kita ketahui adalah kain tenun tradisional Jawa khususnya Jogja dan Solo. Lurikmerupakanpeninggalansejarah yang sangatkuno, namuntidakbegitubanyak yang masih aware dengankeberadaannyasaatini.Kaintradisionalini, dibuatdenganmelewatibeberapatahapan yang rumitdanmembutuhkanketelitiandankesabarandalammembuatnya.

Nah berbicara tentang lurik, pernah gak sih kalian berpikir bagaimana sih cara pembuatan kain lurik? Pasti rumit dan butuh ketelitian yang tinggi bukan ? cara pembuatan lurik lurik ada berbagai proses, daripada penasaran yuk kita simak dibawah ini :

  • Proses Pewarnaan

Selembar kain lurik yang sudah jadi adalah hasil dari komposisi rancangan pewarnaan benang semenjak belum ditenun. Seorang penenun terlebih dahulu merancang motif yang akan dituangkan menjadi kain lurik. Warna benang yang akan digunakan untuk  membuat motif lurik mengikuti rancangan motifnya yg sudah terlebih dahulu dibuat. Misal dalam satu motif terdapat empat warna maka dibutuhkan 4 pewarnaan benang sesuai motif yg diinginkan. Jadi motif lurik dihasilkan bukan hasil dari cap atau menggambar motif diatas kain polos, melainkan dari hasil menenun sedemikian rupa benang2 yg sudah diwarnai mengikuti rancangan pola warna motifnya.

  • Proses Pengelosan

Benang yang sudah melalui proses celup (pewarnaan) kemudian dijemur hingga kering. Benang yg sudah kering kemudian dipintal dalam gulungan-gulungan yang disebut kelos atau palet.

  • Proses Sekir

Tahap ini adalah tahap paling rumit dan membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup. Proses sekir adalah proses menata benang-benang tipis yang jumlahnya bisa mencapai ribuan helai untuk dikomposisikan mengikuti desain motif yg diinginkan. Tiap-tiap motif tentu memiliki rumus yang berbeda.

  • Proses Nyucuk

Setelah proses sekir (penataan benang) selesai, kemudian helai demi helai benang dimasukkan kedalam alat tenun yg komposisinya mengikuti rumus motif yang sudah dirancang sebelumnya. Proses nyucuk biasanya dilakukan dua orang, yang satu melakukan tugas memilah benang helai demi helai kemudian serahkan kepada partnernya, lalu oleh partnernya diteruskan dipasangkan pada alat tenun

  • Proses Tenun

Benang-benang yang sudah terpasang pada alat tenun siap untuk ditenun, tentu alat tenun yg dimaksud adalah alat tenun tradisional (manual) atau saat ini lazim disebut Alat Tenun Bukan Mesin atau bisa disingkat ATBM.

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

Nah itulah tahapan – tahan atau bagaimana cara pembuatan kain lurik, berbicara tentang pembuatan lurik nih, jika kamu ingin membeli lurik atau mencari kain lurik yang bagus dan berkualitas kini tidak usah bingung karena di anisalurik.com kamu bisa menemukan kain lurik yang kamu cari dan pastinya bagus dan juga berkualitas. Anisalurik.com situs jual beli online yang meneyediakan berbagai macam tenun lurik, batik, dress lurik dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan disini seputar lurik.

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik? | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan lurik, kebaya lurik, kemeja lurik, lurik batik, dress lurik, blangkon,selop

Tags: Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

Komentar dinonaktifkan: Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Resep Tampil Pede Berbusana Lurik

thumbnail Ditulis pada: 20 November 2020

Resep Tampil Pede Berbusana Lurik Berpakaian sebaik mungkin sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk sebagian orang. tak hanya untuk menunjang aktifitas sehari –  hari pakaian juga bisa digunakan untuk tampil Pede dan lebih fashionable lagi, dengan berbusana sesuai keinginan hati maka... Baca selengkapnya »

Cara Membedakan Kain Lurik Asli dengan KW

thumbnail Ditulis pada: 17 November 2020

Cara Membedakan Kain Lurik Asli dengan KW Kain lurik sekarang ini sangat banyak kita jumpai dipasaran, baik di pasar – pasar tradisional atau pasar modern bahkan toko online pun banyak yang menjual kain lurik, akan tetapi tahukah kamu kain lurik... Baca selengkapnya »

Ingin Berbusana Lurik ke Nikahan Teman? Ini Tipsnya!

thumbnail Ditulis pada: 10 November 2020

Ingin Berbusana Lurik ke Nikahan Teman? Ini Tipsnya! Pernikahan merupakan salah satu momen paling penting bagi seseorang. Semua orang yang melangkahkan hidupnya ke jenjang baru pasti ingin momen ini hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup. Hal ini membuat semua... Baca selengkapnya »

Lirak Lirik Indahnya Kain Lurik

thumbnail Ditulis pada: 7 November 2020

Lirak Lirik Indahnya Kain Lurik Lurik, saat ini, semakin digemari masyarakat. Tapi sayangnya, masih banyak yang tidak tahu apa itu Lurik. Lurik adalah wastra tenun sederhana yang memiliki ragam hias berupa garis-garis atau kotak-kotak. Sederhana, karena awalnya lurik dibuat dari... Baca selengkapnya »

Mengapa Kain Lurik Tak Lekang oleh Zaman?

thumbnail Ditulis pada: 5 November 2020

Mengapa Kain Lurik Tak Lekang oleh Zaman? Lurik yang berasal dari Bahasa Jawa, Lorek memiliki makna sebagai garis-garis yang merupakan lambang kesederhanaan. Lurik juga memiliki beberapa arti, menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia, lurik merupakan suatu kain hasil tenunan benang yang berasal... Baca selengkapnya »