Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Membuat Blangkon Lurik

Cara Membuat Blangkon Lurik

Ditulis pada: 6 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Cara Membuat Blangkon Lurik

Blangkon memang terkenal sebagai penutup kepala di sebagian umum masyarakat Jawa. Meskipun blangkon sendiri tidak selalu digunakan. Hanya pada saat acara tertentu. Tetapi blangkon yang menjadi paket busana adat Jawa sudah terkenal bahkan hingga manca negara. Blangkon dikenal sebagai aksesoris busana Jawa yang digunakan sebagai penutup kepala. Berikut Cara Membuat Blangkon Lurik.
1. Menyiapkan bahan dan alat seperti kelengkapan dan peralatannya berupa kelebeut, (landasan/cetakan kayu berbentuk kepala) papan, gunting, jepitan, pumukul, jarum, dan lain-lain.
2. Mewiru Kain dilipat-lipat bolak-balik dengan ukuran sama setelah dibasahi. Mewiru dilakukan dua kali. Pertama dalam keadaan lembab dan belum diletakan pada congkeng. Kedua setelah kering dan sesudah di congkeng, pengerjaannya lebih teliti dengan alat capi dan solet kemudian dijahit.
3. Membuat congkeng. Membentuk blangkon dengan memebri lapisan dalam bagian iket berupa karton, kain keras atau kertas yang dilem dan kain hitam.
4. Mencetak atau mblangkon. Proses mblangkon ini merupakan kelanjutan dari mewiru yang telah dilanjutkan dengan menyongkeng. Pekerjaan dilakukan di atas klebut. Kegiatannya antara lain merapikan wiron, menjahit bagian-bagian ujung, membentuk dan merapikan mendolan, dan lain-lain. Tahap ini menentukan bentuk jadi secara keseluruhan. Ukuran klebut bervariasi menurut besar kecilnya kepala calon pemakai; satuan ukurannya berkisar antara 48-56.
5. Finishing Setelah secara teknis seluruh pekerjaan selesai tinggallah merapikan dan membersihkan dengan memukul-mukul bagian yang belum lengket benar, menggunting benang-benang lebih, dan membersihkannya dari lem atau kotoran lain, disikat kemudian ditaruh pada klebut khusus yang terbuat dari karton.
 blangkon

Cara Membuat Blangkon Lurik

Nah demikian Cara Membuat Blangkon Lurik dari www.anisalurik.com, Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Blangkon Lurik | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan lurik, kebaya lurik, kemeja lurik, lurik batik, dress lurik, blangkon,selop

Tags: Cara Membuat Blangkon Lurik

Komentar dinonaktifkan: Cara Membuat Blangkon Lurik

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Tips Agar Tidak Gerah Saat Berbusana Lurik

thumbnail Ditulis pada: 11 October 2019

Tips Agar Tidak Gerah Saat Berbusana Lurik Salah satu masalah tinggal di area tropis adalah cuaca yang lembap. Akibatnya kamu mudah berkeringat dan gerah, terutama jika kamu menggunakan kebaya berbahan lurik. Tapi, tidak berarti masalah itu nggak bisa diatasi. Simak... Baca selengkapnya »

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

thumbnail Ditulis pada: 8 October 2019

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW Tenun adalah salah satu kain khas Indonesia. Proses pengerjaannya memakan waktu paling sedikit satu bulan dan bisa mencapai enam bulan untuk yang rumit desain motifnya. Sayangnya, ada saja pihak yang tidak bertanggung... Baca selengkapnya »

Mengapa Kain Tenun Kian Diburu?

thumbnail Ditulis pada: 5 October 2019

Mengapa Kain Tenun Kian Diburu? Indonesia sebagai negara kaya budaya, otomatis memiliki kekayaan varian tekstil yang luar biasa. Namun, sayangnya tidak semua perempuan Indonesia mengenal macam-macam kain-kain tenun cantik karya anak bangsa ini. Nah, salah satunya kain tenun yang sarat... Baca selengkapnya »

Lurik Batik Carnival di Klaten

thumbnail Ditulis pada: 2 October 2019

Lurik Batik Carnival di Klaten Acara tahunan Lurik Batik Carnival berlangsung meriah di sepanjang Jalan Pemuda, Klaten. Lurik Batik Carnival di Klaten merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati hari jadi Kabupaten Klaten. Kurang lebih sebanyak 36 kontingen tampil anggun... Baca selengkapnya »

Jual Seragam Lurik untuk PNS

lurik maron Ditulis pada: 28 September 2019

Jual Seragam Lurik untuk PNS Saat ini penggunaan lurik untuk pakaian sehari-hari sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Baik di kantor, di sekolah, maupun di instansi negeri biasanya memiliki seragam batik yang wajib digunakan pada hari-hari tertentu. Dengan mengenakan seragam... Baca selengkapnya »