Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Membuat Blangkon Lurik

Cara Membuat Blangkon Lurik

Ditulis pada: 6 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Cara Membuat Blangkon Lurik

Blangkon memang terkenal sebagai penutup kepala di sebagian umum masyarakat Jawa. Meskipun blangkon sendiri tidak selalu digunakan. Hanya pada saat acara tertentu. Tetapi blangkon yang menjadi paket busana adat Jawa sudah terkenal bahkan hingga manca negara. Blangkon dikenal sebagai aksesoris busana Jawa yang digunakan sebagai penutup kepala. Berikut Cara Membuat Blangkon Lurik.
1. Menyiapkan bahan dan alat seperti kelengkapan dan peralatannya berupa kelebeut, (landasan/cetakan kayu berbentuk kepala) papan, gunting, jepitan, pumukul, jarum, dan lain-lain.
2. Mewiru Kain dilipat-lipat bolak-balik dengan ukuran sama setelah dibasahi. Mewiru dilakukan dua kali. Pertama dalam keadaan lembab dan belum diletakan pada congkeng. Kedua setelah kering dan sesudah di congkeng, pengerjaannya lebih teliti dengan alat capi dan solet kemudian dijahit.
3. Membuat congkeng. Membentuk blangkon dengan memebri lapisan dalam bagian iket berupa karton, kain keras atau kertas yang dilem dan kain hitam.
4. Mencetak atau mblangkon. Proses mblangkon ini merupakan kelanjutan dari mewiru yang telah dilanjutkan dengan menyongkeng. Pekerjaan dilakukan di atas klebut. Kegiatannya antara lain merapikan wiron, menjahit bagian-bagian ujung, membentuk dan merapikan mendolan, dan lain-lain. Tahap ini menentukan bentuk jadi secara keseluruhan. Ukuran klebut bervariasi menurut besar kecilnya kepala calon pemakai; satuan ukurannya berkisar antara 48-56.
5. Finishing Setelah secara teknis seluruh pekerjaan selesai tinggallah merapikan dan membersihkan dengan memukul-mukul bagian yang belum lengket benar, menggunting benang-benang lebih, dan membersihkannya dari lem atau kotoran lain, disikat kemudian ditaruh pada klebut khusus yang terbuat dari karton.
 blangkon

Cara Membuat Blangkon Lurik

Nah demikian Cara Membuat Blangkon Lurik dari www.anisalurik.com, Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Blangkon Lurik | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Cara Membuat Blangkon Lurik

Komentar dinonaktifkan: Cara Membuat Blangkon Lurik

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Jual Lurik untuk Pria

IMG-20171006-WA0015 Ditulis pada: 19 June 2019

Jual Lurik untuk Pria Pakaian Adat Yogyakarta untuk pria dewasa yang dikenal dengan busana surjan. Pakaian atau kemeja khas jawa Surjan ini terbuat dari tenunan benang tradisional yang membentuk potongan baju bermotif garis-garis. Sangat kental nuansa tradisional dan budaya leluhur.... Baca selengkapnya »

Jual Lurik untuk Bayi

thumbnail Ditulis pada: 13 June 2019

Jual Lurik untuk Bayi Seperti yang kita ketahui lurik merupakan sebuah busana adat jawa yang memiliki motif unik. Dahulu baju lurik ini hanya digunakan oleh golongan tertentu saja. Namun ditengah perkembangan dunia fashion yang pesat seperti sekarang ini, baju lurik¬†... Baca selengkapnya »

Jual Lurik untuk Anak

surjan anak Ditulis pada: 11 June 2019

Jual Lurik untuk Anak Dulunya kain lurik hanya dibuat menjadi pakaian yang formal seperti kemeja dan blouse saja namun pada saat ini demi melestarikan lurik sehingga para anak muda pun bisa memakainya dalam berbagai kesempatan. Kain lurik juga kini telah... Baca selengkapnya »

Cara Desain Atasan Berbahan Lurik

lurik Ditulis pada: 6 June 2019

Cara Desain Atasan Berbahan Lurik Model baju terbaru atasan berbahan lurik saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat maju. Baju atasan berbahan lurik terbaru modern modis cantik tersedia aneka macam variasi mulai dari lengan panjang atasan muslimah ukuran jumbo dan... Baca selengkapnya »

Mengenal Lurik Pacitan

IMG-20171006-WA0022 Ditulis pada: 3 June 2019

Mengenal Lurik Pacitan Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pacitan dulu pernah jadi bagian dari dua keraton besar di tanah Jawa tersebut. Dari pertimbangan ini akhirnya diputuskan bahwa pakaian khas Pacitan mengadopsi budaya Surakarta dam Yogyakarta dengan mengambil lurik, tetapi dengan mode yang... Baca selengkapnya »