Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Membuat Dompet Lurik

Cara Membuat Dompet Lurik

Ditulis pada: 10 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Cara Membuat Dompet Lurik

Membuat kerajinan tangan dari kain lurik tidak terpakai sangat mengasyikan terlebih barang yang dibuat tersebut bisa bermanfaat bagi kita dan orang lain. Salah satu kerajinan tangan yang mudah dengan menggunakan kain lurik yaitu dompet. Membuat dompet dari bahan kain lurikk sisa sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa menemukan alat dan bahan pembuatnya di toko-toko.

Anda harus menyediakan gunting, jarum, benang, kain lurik, kain sponbond untuk lapisan, viselin, kain perca beludru, dan kancing hias. Dan berikut Cara Membuat Dompet Lurik:

1. Buat bagian luar dompet lebih dahulu. Potong kain lurik, viselin dan kain sponbond berbentuk persegi panjang dengan ukuran 26 cm X 20 cm. Untuk bagian dalam dompet, potong lagi kain spondbond dengan ukuran 26 cm X 20 cm. Potong dua kain batik sisa dan viselin masing-masing mempunyai kuruan 26 cm X 7 cm dan 26 cm X 8 cm.

2. Pada bagian saku, potong kain katun, viselin, kain sponbond dengan ukuran sama yakni 20 cm X 8 cm. Untuk tempat kartu, potong kain katun dan ciselin sebanyak tiga dengan ukuran masih-masing 10 cm x 9 cm. Potong kain sponbond berukuran 20 cm x 9 cm. Kain sponbond ini menjadi alas untuk menjahit tempat kartu.

3. Rekatkan viselin yang ada butiran seperti gula pada kain batik sisa kemudian dipanaskan dengan cara diseterika. Suhu seterika jangan terlalu panas agar kain yang sudah ditempeli viselin tidak bengkok.

4. Lipat kain katun bagian atas dan bawah, kemudian jahit pada kain sponbond. Lakukan pula pada bagian yang lain. Sementara itu untuk bagian saku, jahit kelim pada salah satu sisinya. Demikian pula dengan tiga tempat kartu, jahit kelim semua pada salah satu sisinya.

5. Jahit tempat kartu pada kain sponbond dengan cara berlapis, kemudian jahit kelim. Selanjutnya tempelkan tempat kartu dan saku pada kain sponbond. Gabungkan dompet bagian luar dan dalam dengan cara ditumpuk. Selanjutnya, jahit tepi tempat kartu menindas dompet bagian luar. Terakhir jahit kelim pada sisi dompet sampai pada bagian yang dijahit tindas tadi. Proses selanjutnya adalah memasang kancing magnet pada bagian luar dan dalam dompet.

6. Langkah terakhir yaitu menjait bisban pada semua sisi dompet. Untuk lebih mempermanis dan mempercantik dompet, beri hiasan bunga pada kain lurik.

Cara Membuat Dompet Lurik

Naaah Itulah Cara Membuat Dompet Lurik dari www.anisalurik.com mudah dan cantik bukan. Selamat berkarya, dan semoga Cara Membuat Dompet Lurik ini bermanfaat.

Cara Membuat Dompet Lurik | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Cara Membuat Dompet Lurik

Komentar dinonaktifkan: Cara Membuat Dompet Lurik

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Biografi Desainer Batik Edward Hutabarat

thumbnail Ditulis pada: 10 December 2018

Biografi Desainer Batik Edward Hutabarat Kecintaannya terhadap kain batik Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Semua riset dan pendekatan secara individul ia lakukan demi melestarikan sekaligus mengenal proses pembuatan, dan pengorbanan wanita yang merakit sepotong kain. Edward Hutabarat atau yang akrab... Baca selengkapnya »

Ciri Khas Batik Danar Hadi

thumbnail Ditulis pada: 6 December 2018

Ciri Khas Batik Danar Hadi Batik merupakan kain dan pakaian yang mencerminkan Indonesia, dan bahkan sudah diakui UNESCO. Dengan diakuinya batik sebagai sebuah warisan budaya Indonesia, masyarakat pun diharapkan semakin bangga memakai batik. Hingga saat ini sudah banyak merek batik... Baca selengkapnya »

Biografi Desainer Ghea Panggabean

thumbnail Ditulis pada: 3 December 2018

Biografi Desainer Ghea Panggabean Wanita¬† yang memiliki nama lengkap Ghea Sukasah Panggabean lahir pada tanggal 1 Maret 1955. Meskipun terdaftar sebagai Waga Negara Indonesia (WNI), tetapi dia dilahirkan di kota Rotterdam, Belanda. Ghea Sukasah Panggabean atau biasa dipanggil Ghea adalah... Baca selengkapnya »

Desainer Anne Avantie

thumbnail Ditulis pada: 25 November 2018

Desainer Anne Avantie Anne Avantie wanita¬† kelahiran di Semarang, 20 Mei 1954, merupakan salah satu perancang busana Indonesia yang dikenal melalui berbagai koleksi kebaya batik hasil karyanya. Kebaya hasil karyanya telah dikenal hingga skala internasional dan sering dipakai oleh para... Baca selengkapnya »

Biografi Poppy Dharsono dan Batik

thumbnail Ditulis pada: 22 November 2018

Biografi Poppy Dharsono dan Batik Poppy Dharsono merupakan anak dari pasangan Lander Dharsono dan Siti Sumiyartini. Pada tahun 1970-an ia dikenal sebagai model dan peragawati ternama yang pernah tampil di Asia dan Eropa. Wajah Poppy Dharsono mungkin tidak asing di... Baca selengkapnya »