Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Membuat Dompet Lurik

Cara Membuat Dompet Lurik

Ditulis pada: 10 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Cara Membuat Dompet Lurik

Membuat kerajinan tangan dari kain lurik tidak terpakai sangat mengasyikan terlebih barang yang dibuat tersebut bisa bermanfaat bagi kita dan orang lain. Salah satu kerajinan tangan yang mudah dengan menggunakan kain lurik yaitu dompet. Membuat dompet dari bahan kain lurikk sisa sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa menemukan alat dan bahan pembuatnya di toko-toko.

Anda harus menyediakan gunting, jarum, benang, kain lurik, kain sponbond untuk lapisan, viselin, kain perca beludru, dan kancing hias. Dan berikut Cara Membuat Dompet Lurik:

1. Buat bagian luar dompet lebih dahulu. Potong kain lurik, viselin dan kain sponbond berbentuk persegi panjang dengan ukuran 26 cm X 20 cm. Untuk bagian dalam dompet, potong lagi kain spondbond dengan ukuran 26 cm X 20 cm. Potong dua kain batik sisa dan viselin masing-masing mempunyai kuruan 26 cm X 7 cm dan 26 cm X 8 cm.

2. Pada bagian saku, potong kain katun, viselin, kain sponbond dengan ukuran sama yakni 20 cm X 8 cm. Untuk tempat kartu, potong kain katun dan ciselin sebanyak tiga dengan ukuran masih-masing 10 cm x 9 cm. Potong kain sponbond berukuran 20 cm x 9 cm. Kain sponbond ini menjadi alas untuk menjahit tempat kartu.

3. Rekatkan viselin yang ada butiran seperti gula pada kain batik sisa kemudian dipanaskan dengan cara diseterika. Suhu seterika jangan terlalu panas agar kain yang sudah ditempeli viselin tidak bengkok.

4. Lipat kain katun bagian atas dan bawah, kemudian jahit pada kain sponbond. Lakukan pula pada bagian yang lain. Sementara itu untuk bagian saku, jahit kelim pada salah satu sisinya. Demikian pula dengan tiga tempat kartu, jahit kelim semua pada salah satu sisinya.

5. Jahit tempat kartu pada kain sponbond dengan cara berlapis, kemudian jahit kelim. Selanjutnya tempelkan tempat kartu dan saku pada kain sponbond. Gabungkan dompet bagian luar dan dalam dengan cara ditumpuk. Selanjutnya, jahit tepi tempat kartu menindas dompet bagian luar. Terakhir jahit kelim pada sisi dompet sampai pada bagian yang dijahit tindas tadi. Proses selanjutnya adalah memasang kancing magnet pada bagian luar dan dalam dompet.

6. Langkah terakhir yaitu menjait bisban pada semua sisi dompet. Untuk lebih mempermanis dan mempercantik dompet, beri hiasan bunga pada kain lurik.

Cara Membuat Dompet Lurik

Naaah Itulah Cara Membuat Dompet Lurik dari www.anisalurik.com mudah dan cantik bukan. Selamat berkarya, dan semoga Cara Membuat Dompet Lurik ini bermanfaat.

Cara Membuat Dompet Lurik | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Cara Membuat Dompet Lurik

Komentar dinonaktifkan: Cara Membuat Dompet Lurik

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Filosofi Kain Lurik motif Hujan Gerimis

thumbnail Ditulis pada: 10 April 2019

Filosofi Kain Lurik motif Hujan Gerimis Kain lurik tak dapat dipisahkan dengan kepercayaan dan ikut menringi berbagai upacara agama, ritual, dan adat sepanjang daur kehidupan manusia. Filosofi sehelai kain lurik biasanya tercermin dalam motif dan warna lurik. Ada corak-corak yang... Baca selengkapnya »

Filosofi Kain Lurik motif Kawung

thumbnail Ditulis pada: 6 April 2019

Filosofi Kain Lurik motif Kawung Sejarah menunjukkan, kain lurik sudah ada sejak kurang lebih 3.000 tahun silam. Beberapa peninggalan sejarah memperlihatkan bahwa masyarakat tradisional membuat lurik dengan cara menenun. Walaupun terlihat sederhana, sesungguhnya dibutuhkan keterampilan dan kejelian dalam memadukan warna... Baca selengkapnya »

Fungsi Kain Lurik Sebagai Properti Desain Interior

thumbnail Ditulis pada: 3 April 2019

Fungsi Kain Lurik Sebagai Properti Desain Interior Dari sejak dahulu kala, kain lurik sudah menjadi salah satu unsur estetika pada perencanaan Desain Interior dengan cara dipajang pada seutas tali yang direntangkan diantara tiang-tiang utama rumah yang baru melaksanakan upacara. Hal... Baca selengkapnya »

Fungsi Kain Lurik Sebagai Alat Tenun Gendong

thumbnail Ditulis pada: 31 March 2019

Fungsi Kain Lurik Sebagai Alat Tenun Gendong Lurik merupakan salah satu batik yang terkenal di Jawa. Awal mulanya, lurik dibuat dalam bentuk sehelai selendang yang berfungsi untuk kemben (penutup dada bagi wanita) dan untuk alat untuk menggendong sesuatu dengan cara... Baca selengkapnya »

Upaya Pelestarian Kain Lurik

couple lurik Ditulis pada: 26 March 2019

Upaya Pelestarian Kain Lurik Melestarikan kain tradisional lurik bukanlah sebuah hal yang sulit. Akan tetapi dalam proses melestarikan membutuhkan kesabaran. Di zaman sekarang kain Tradisional lurik mengalami kalah pamor. Dibandingkan dengan tekstil modern, tenun di anggap ketinggalan zaman. Masyarakat sekarang... Baca selengkapnya »