Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

Ditulis pada: 8 October 2019 | Kategori: Uncategorized

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

Tenun adalah salah satu kain khas Indonesia. Proses pengerjaannya memakan waktu paling sedikit satu bulan dan bisa mencapai enam bulan untuk yang rumit desain motifnya. Sayangnya, ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka membuat tenun palsu dengan kualitas yang sangat rendah dan bisa dibilang proses pengerjaannya asal-asalan untuk para wisatawan domestik maupun mancanegara yang kurang pengetahuan akan tenun. Harga jualnya bahkan disamakan dengan tenun asli. Untuk menghindari hal tersebut, simak Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW berikut ini:

1. Mengamati corak kain. Corak kain tenun ATBM tampak tidak teratur pada setiap benang. karena dibuat secara manual memang besar kemungkinan jika pola benang satu dengan benang lainnya tidak sama. Pola tidak teraturnya kecil-kecil hanya dalam hitungan benang. satu benang mungkin terlihat sedikit menjorok warna putihnya sedangkan benang disampingnya tidak begitu menjorok. Tetapi inilah yang menjadi keunikan kain tenun ATBM.

Lain halnya dengan kain tenun sintetis, pola ketidakteraturannya lebih besar. Mesin tenun tidak mampu memberi warna yang berbeda pada setiap benang.

2. Selanjutnya perhatikan permukaan kain baik bagian depan maupun bagian belakang kain. pada kain tenun ATBM bagian depan dan belakang kain terlihat sama baik corak maupun warna. Kedua nya sama sama cerah karena proses pewarnaan dilakukan pada benang sebelum benang ditenun.

3. Amati Kerapatan benang. pada kain tenun ATBM, kerapatan benang tampak tidak sama persis. Hal ini disebabkan karena proses menenun dikerjakan dengan tenaga manusia sehingga terkadang ada bagian yang terlihat lebih rapat dan ada bagian yang tidak. Sebaliknya pada kain tenun sintetis, karena dikerjakan oleh mesin maka kain tenun mempunyai kerapatan benang yang sama persis.

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

Demikianlah informasi tentang Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW dari www.anisalurik.com. semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW.

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan lurik, kebaya lurik, kemeja lurik, lurik batik, dress lurik, blangkon,selop

Tags: Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

Komentar dinonaktifkan: Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya!

thumbnail Ditulis pada: 27 February 2020

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya! Kebaya menjadi salah satu busana nusantara yang selalu mewarnai dunia fashion, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kebanggaan ini tentunya didukung oleh berbagai pihak, tak terkecuali desainer kondang yang kerap menyuguhkan karya kebaya dengan... Baca selengkapnya »

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya!

thumbnail Ditulis pada: 21 February 2020

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya! Profesi desainer atau perancang busana sedang menjadi tren saat ini, mulai dari kaum milenial hingga jajaran selebritis mulai merambah ke bidang ini untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Saat ini perkembangan fashion mode di... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik?

thumbnail Ditulis pada: 13 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin.... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

thumbnail Ditulis pada: 10 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin. Lurik... Baca selengkapnya »

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik

thumbnail Ditulis pada: 8 February 2020

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik Seiring dengan perkembangan dunia mode, banyak desainer yang memanfaatkan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik sebagai koleksinya. Berbicara tentang lurik, kain tersebut kini kembali eksis dan banyak dipakai oleh para pecinta mode,... Baca selengkapnya »