Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Ditulis pada: 18 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Iwan Tirta adalah maestro batik Indonesia. Batiknya banyak menginspirasi desainer batik lainya. Ada sekitar 6.000 desain batik yang Iwan Tirta wariskan untuk bangsa dan negara ini sehingga pemerintah menganugerahinya Bintang Budaya Parama Dharma pada Agustus 2015.

Batik Iwan Tirta memiliki ciri khas batik berbeda sehingga dikenal Batik Iwan Tirta. Seperti yang dikatakan Desainer Poppy Dharsono, motif batik Iwan Tirta memiliki ciri khas dengan pakem dan filosofi di baliknya. Misalnya, motif batik Pisan Bali Mangar Latar Truntum sebagai batik adiluhung Iwan Tirta sarat dengan filosofi di dalamnya. Iwan Tirta menggali masa lalu dalam bentuk desain busana yang anggun. Kelebihan batik karya Iwan Tirta terlihat dari warna-warna batik yang cukup kuat. Motif klasik yang dipamerkan banyak dihias dengan mofif parang, sawunggaling hingga babon angrem.

Selain itu, ada eksklusivitas dalam motif. Sepuluh motif bisa saja hanya dibuat tiga, karenanya tidak mengherankan kalau sekarang ditemukan ada lebih dari ribuan motif hasil desainnya. Untuk kualitas pembatikan, karya Iwan Tirta dibuat dengan bolak-balik. Begitu juga pada pewarnaan, bisa tiga kali bahkan empat kali proses pewarnaan. Untuk motif, ada kombinasi berbagai motif yang dengan sangat jeli ditempatkan dengan tepat dan tampak serasi. Struktur hewan atau tumbuhan diberi penempatan selingan di antaranya.

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Inilah sekilas mengenai Ciri Khas Batik Iwan Tirta dari www.anisalurik.com. Bila kita lebih dalam menggali, banyak kekayaan filosofi berada di balik desain maestro batik Indonesia. Inilah cara kita memahami pakaian yang kita pakai. Semoga bermanfaat.

Ciri Khas Batik Iwan Tirta | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Komentar dinonaktifkan: Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Jual Lurik untuk Pria

IMG-20171006-WA0015 Ditulis pada: 19 June 2019

Jual Lurik untuk Pria Pakaian Adat Yogyakarta untuk pria dewasa yang dikenal dengan busana surjan. Pakaian atau kemeja khas jawa Surjan ini terbuat dari tenunan benang tradisional yang membentuk potongan baju bermotif garis-garis. Sangat kental nuansa tradisional dan budaya leluhur.... Baca selengkapnya »

Jual Lurik untuk Bayi

thumbnail Ditulis pada: 13 June 2019

Jual Lurik untuk Bayi Seperti yang kita ketahui lurik merupakan sebuah busana adat jawa yang memiliki motif unik. Dahulu baju lurik ini hanya digunakan oleh golongan tertentu saja. Namun ditengah perkembangan dunia fashion yang pesat seperti sekarang ini, baju lurikĀ ... Baca selengkapnya »

Jual Lurik untuk Anak

surjan anak Ditulis pada: 11 June 2019

Jual Lurik untuk Anak Dulunya kain lurik hanya dibuat menjadi pakaian yang formal seperti kemeja dan blouse saja namun pada saat ini demi melestarikan lurik sehingga para anak muda pun bisa memakainya dalam berbagai kesempatan. Kain lurik juga kini telah... Baca selengkapnya »

Cara Desain Atasan Berbahan Lurik

lurik Ditulis pada: 6 June 2019

Cara Desain Atasan Berbahan Lurik Model baju terbaru atasan berbahan lurik saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat maju. Baju atasan berbahan lurik terbaru modern modis cantik tersedia aneka macam variasi mulai dari lengan panjang atasan muslimah ukuran jumbo dan... Baca selengkapnya »

Mengenal Lurik Pacitan

IMG-20171006-WA0022 Ditulis pada: 3 June 2019

Mengenal Lurik Pacitan Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pacitan dulu pernah jadi bagian dari dua keraton besar di tanah Jawa tersebut. Dari pertimbangan ini akhirnya diputuskan bahwa pakaian khas Pacitan mengadopsi budaya Surakarta dam Yogyakarta dengan mengambil lurik, tetapi dengan mode yang... Baca selengkapnya »