Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Ditulis pada: 18 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Iwan Tirta adalah maestro batik Indonesia. Batiknya banyak menginspirasi desainer batik lainya. Ada sekitar 6.000 desain batik yang Iwan Tirta wariskan untuk bangsa dan negara ini sehingga pemerintah menganugerahinya Bintang Budaya Parama Dharma pada Agustus 2015.

Batik Iwan Tirta memiliki ciri khas batik berbeda sehingga dikenal Batik Iwan Tirta. Seperti yang dikatakan Desainer Poppy Dharsono, motif batik Iwan Tirta memiliki ciri khas dengan pakem dan filosofi di baliknya. Misalnya, motif batik Pisan Bali Mangar Latar Truntum sebagai batik adiluhung Iwan Tirta sarat dengan filosofi di dalamnya. Iwan Tirta menggali masa lalu dalam bentuk desain busana yang anggun. Kelebihan batik karya Iwan Tirta terlihat dari warna-warna batik yang cukup kuat. Motif klasik yang dipamerkan banyak dihias dengan mofif parang, sawunggaling hingga babon angrem.

Selain itu, ada eksklusivitas dalam motif. Sepuluh motif bisa saja hanya dibuat tiga, karenanya tidak mengherankan kalau sekarang ditemukan ada lebih dari ribuan motif hasil desainnya. Untuk kualitas pembatikan, karya Iwan Tirta dibuat dengan bolak-balik. Begitu juga pada pewarnaan, bisa tiga kali bahkan empat kali proses pewarnaan. Untuk motif, ada kombinasi berbagai motif yang dengan sangat jeli ditempatkan dengan tepat dan tampak serasi. Struktur hewan atau tumbuhan diberi penempatan selingan di antaranya.

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Inilah sekilas mengenai Ciri Khas Batik Iwan Tirta dari www.anisalurik.com. Bila kita lebih dalam menggali, banyak kekayaan filosofi berada di balik desain maestro batik Indonesia. Inilah cara kita memahami pakaian yang kita pakai. Semoga bermanfaat.

Ciri Khas Batik Iwan Tirta | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Komentar dinonaktifkan: Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Filosofi Kain Lurik motif Hujan Gerimis

thumbnail Ditulis pada: 10 April 2019

Filosofi Kain Lurik motif Hujan Gerimis Kain lurik tak dapat dipisahkan dengan kepercayaan dan ikut menringi berbagai upacara agama, ritual, dan adat sepanjang daur kehidupan manusia. Filosofi sehelai kain lurik biasanya tercermin dalam motif dan warna lurik. Ada corak-corak yang... Baca selengkapnya »

Filosofi Kain Lurik motif Kawung

thumbnail Ditulis pada: 6 April 2019

Filosofi Kain Lurik motif Kawung Sejarah menunjukkan, kain lurik sudah ada sejak kurang lebih 3.000 tahun silam. Beberapa peninggalan sejarah memperlihatkan bahwa masyarakat tradisional membuat lurik dengan cara menenun. Walaupun terlihat sederhana, sesungguhnya dibutuhkan keterampilan dan kejelian dalam memadukan warna... Baca selengkapnya »

Fungsi Kain Lurik Sebagai Properti Desain Interior

thumbnail Ditulis pada: 3 April 2019

Fungsi Kain Lurik Sebagai Properti Desain Interior Dari sejak dahulu kala, kain lurik sudah menjadi salah satu unsur estetika pada perencanaan Desain Interior dengan cara dipajang pada seutas tali yang direntangkan diantara tiang-tiang utama rumah yang baru melaksanakan upacara. Hal... Baca selengkapnya »

Fungsi Kain Lurik Sebagai Alat Tenun Gendong

thumbnail Ditulis pada: 31 March 2019

Fungsi Kain Lurik Sebagai Alat Tenun Gendong Lurik merupakan salah satu batik yang terkenal di Jawa. Awal mulanya, lurik dibuat dalam bentuk sehelai selendang yang berfungsi untuk kemben (penutup dada bagi wanita) dan untuk alat untuk menggendong sesuatu dengan cara... Baca selengkapnya »

Upaya Pelestarian Kain Lurik

couple lurik Ditulis pada: 26 March 2019

Upaya Pelestarian Kain Lurik Melestarikan kain tradisional lurik bukanlah sebuah hal yang sulit. Akan tetapi dalam proses melestarikan membutuhkan kesabaran. Di zaman sekarang kain Tradisional lurik mengalami kalah pamor. Dibandingkan dengan tekstil modern, tenun di anggap ketinggalan zaman. Masyarakat sekarang... Baca selengkapnya »