Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Ditulis pada: 18 November 2018 | Kategori: Uncategorized

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Iwan Tirta adalah maestro batik Indonesia. Batiknya banyak menginspirasi desainer batik lainya. Ada sekitar 6.000 desain batik yang Iwan Tirta wariskan untuk bangsa dan negara ini sehingga pemerintah menganugerahinya Bintang Budaya Parama Dharma pada Agustus 2015.

Batik Iwan Tirta memiliki ciri khas batik berbeda sehingga dikenal Batik Iwan Tirta. Seperti yang dikatakan Desainer Poppy Dharsono, motif batik Iwan Tirta memiliki ciri khas dengan pakem dan filosofi di baliknya. Misalnya, motif batik Pisan Bali Mangar Latar Truntum sebagai batik adiluhung Iwan Tirta sarat dengan filosofi di dalamnya. Iwan Tirta menggali masa lalu dalam bentuk desain busana yang anggun. Kelebihan batik karya Iwan Tirta terlihat dari warna-warna batik yang cukup kuat. Motif klasik yang dipamerkan banyak dihias dengan mofif parang, sawunggaling hingga babon angrem.

Selain itu, ada eksklusivitas dalam motif. Sepuluh motif bisa saja hanya dibuat tiga, karenanya tidak mengherankan kalau sekarang ditemukan ada lebih dari ribuan motif hasil desainnya. Untuk kualitas pembatikan, karya Iwan Tirta dibuat dengan bolak-balik. Begitu juga pada pewarnaan, bisa tiga kali bahkan empat kali proses pewarnaan. Untuk motif, ada kombinasi berbagai motif yang dengan sangat jeli ditempatkan dengan tepat dan tampak serasi. Struktur hewan atau tumbuhan diberi penempatan selingan di antaranya.

Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Inilah sekilas mengenai Ciri Khas Batik Iwan Tirta dari www.anisalurik.com. Bila kita lebih dalam menggali, banyak kekayaan filosofi berada di balik desain maestro batik Indonesia. Inilah cara kita memahami pakaian yang kita pakai. Semoga bermanfaat.

Ciri Khas Batik Iwan Tirta | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Komentar dinonaktifkan: Ciri Khas Batik Iwan Tirta

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Biografi Desainer Batik Edward Hutabarat

thumbnail Ditulis pada: 10 December 2018

Biografi Desainer Batik Edward Hutabarat Kecintaannya terhadap kain batik Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Semua riset dan pendekatan secara individul ia lakukan demi melestarikan sekaligus mengenal proses pembuatan, dan pengorbanan wanita yang merakit sepotong kain. Edward Hutabarat atau yang akrab... Baca selengkapnya »

Ciri Khas Batik Danar Hadi

thumbnail Ditulis pada: 6 December 2018

Ciri Khas Batik Danar Hadi Batik merupakan kain dan pakaian yang mencerminkan Indonesia, dan bahkan sudah diakui UNESCO. Dengan diakuinya batik sebagai sebuah warisan budaya Indonesia, masyarakat pun diharapkan semakin bangga memakai batik. Hingga saat ini sudah banyak merek batik... Baca selengkapnya »

Biografi Desainer Ghea Panggabean

thumbnail Ditulis pada: 3 December 2018

Biografi Desainer Ghea Panggabean Wanita¬† yang memiliki nama lengkap Ghea Sukasah Panggabean lahir pada tanggal 1 Maret 1955. Meskipun terdaftar sebagai Waga Negara Indonesia (WNI), tetapi dia dilahirkan di kota Rotterdam, Belanda. Ghea Sukasah Panggabean atau biasa dipanggil Ghea adalah... Baca selengkapnya »

Desainer Anne Avantie

thumbnail Ditulis pada: 25 November 2018

Desainer Anne Avantie Anne Avantie wanita¬† kelahiran di Semarang, 20 Mei 1954, merupakan salah satu perancang busana Indonesia yang dikenal melalui berbagai koleksi kebaya batik hasil karyanya. Kebaya hasil karyanya telah dikenal hingga skala internasional dan sering dipakai oleh para... Baca selengkapnya »

Biografi Poppy Dharsono dan Batik

thumbnail Ditulis pada: 22 November 2018

Biografi Poppy Dharsono dan Batik Poppy Dharsono merupakan anak dari pasangan Lander Dharsono dan Siti Sumiyartini. Pada tahun 1970-an ia dikenal sebagai model dan peragawati ternama yang pernah tampil di Asia dan Eropa. Wajah Poppy Dharsono mungkin tidak asing di... Baca selengkapnya »