Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Filosofi Kain Lurik motif Kawung

Filosofi Kain Lurik motif Kawung

Ditulis pada: 6 April 2019 | Kategori: Uncategorized

Filosofi Kain Lurik motif Kawung

Sejarah menunjukkan, kain lurik sudah ada sejak kurang lebih 3.000 tahun silam. Beberapa peninggalan sejarah memperlihatkan bahwa masyarakat tradisional membuat lurik dengan cara menenun. Walaupun terlihat sederhana, sesungguhnya dibutuhkan keterampilan dan kejelian dalam memadukan warna serta susunan garis agar menghasilkan kain lurik yang serasi, indah dan mengagumkan.

Lurik dinilai fleksibel untuk dijadikan jenis pakaian apapun. Pantas jika lurik menjadi salah satu kain unggulan Nusantara. Salah satu yang paling populer adalah motif lurik kawung.

Filosofi lurik tercermin pada motif dan warnanya. Ada corak yang dianggap sakral dan menjadi sumber nasihat, petunjuk, dan harapan. Contohnya kain lurik motif kawung yang digunakan sebagai perlengkapan pengantin pada zaman dahulu. Menurut cerita, awalnya corak ini diciptakan oleh salah satu Sultan Mataram. Tak heran, jika jenis lurik ini adalah yang paling sering ditemui di Yogyakarta dan Surakarta. Makna kawung begitu dalam, yakni kegigihan dalam berusaha, bisa juga diartikan sebagai kebaikan hati.

Filosofi Kain Lurik motif Kawung

Demikianlah ulasan tentang Filosofi Kain Lurik motif Kawung dari www.anisalurik.com. Dengan adanya ulasan diatas semoga dapat menjadikan kain lurik sebagai salah satu kain populer indonesia.

Filosofi Kain Lurik motif Kawung | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Filosofi Kain Lurik motif Kawung

Komentar dinonaktifkan: Filosofi Kain Lurik motif Kawung

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Tips Agar Tidak Gerah Saat Berbusana Lurik

thumbnail Ditulis pada: 11 October 2019

Tips Agar Tidak Gerah Saat Berbusana Lurik Salah satu masalah tinggal di area tropis adalah cuaca yang lembap. Akibatnya kamu mudah berkeringat dan gerah, terutama jika kamu menggunakan kebaya berbahan lurik. Tapi, tidak berarti masalah itu nggak bisa diatasi. Simak... Baca selengkapnya »

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW

thumbnail Ditulis pada: 8 October 2019

Cara Menentukan Kain Tenun itu Asli atau KW Tenun adalah salah satu kain khas Indonesia. Proses pengerjaannya memakan waktu paling sedikit satu bulan dan bisa mencapai enam bulan untuk yang rumit desain motifnya. Sayangnya, ada saja pihak yang tidak bertanggung... Baca selengkapnya »

Mengapa Kain Tenun Kian Diburu?

thumbnail Ditulis pada: 5 October 2019

Mengapa Kain Tenun Kian Diburu? Indonesia sebagai negara kaya budaya, otomatis memiliki kekayaan varian tekstil yang luar biasa. Namun, sayangnya tidak semua perempuan Indonesia mengenal macam-macam kain-kain tenun cantik karya anak bangsa ini. Nah, salah satunya kain tenun yang sarat... Baca selengkapnya »

Lurik Batik Carnival di Klaten

thumbnail Ditulis pada: 2 October 2019

Lurik Batik Carnival di Klaten Acara tahunan Lurik Batik Carnival berlangsung meriah di sepanjang Jalan Pemuda, Klaten. Lurik Batik Carnival di Klaten merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati hari jadi Kabupaten Klaten. Kurang lebih sebanyak 36 kontingen tampil anggun... Baca selengkapnya »

Jual Seragam Lurik untuk PNS

lurik maron Ditulis pada: 28 September 2019

Jual Seragam Lurik untuk PNS Saat ini penggunaan lurik untuk pakaian sehari-hari sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Baik di kantor, di sekolah, maupun di instansi negeri biasanya memiliki seragam batik yang wajib digunakan pada hari-hari tertentu. Dengan mengenakan seragam... Baca selengkapnya »