Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Keunikan Surjan Jogja

Keunikan Surjan Jogja

Ditulis pada: 10 June 2018 | Kategori: Uncategorized

Keunikan Surjan Jogja

Pakaian adat pria ini merupakan pakaian adat model Yogyakarta. Surjan awalnya diciptakan oleh Sunan Kalijaga yang diinspirasi oleh model pakaian pada waktu itu dan selanjutnya digunakan oleh Mataram. Dengan pecahnya Mataram menjadi dua, maka asset kerajaan pun dibagi dua dan  kebetulan model seragam kerajaan Mataram jatuh ke kraton Yogyakarta.

Surjan sendiri terdapat dua jenis yaitu surjan lurik dan surjan Ontrokusuma, dikatakan Surjan lurik karena bermotif garis-garis, sedangkan Surjan Ontrokusuma karena bermotif bunga (kusuma). Perbedaan kedua baju ini adalah pada bentuk kancing, dimana untuk pakaian adat Jawa Tengah bentuk kancing berada di samping, sedangkan untuk baju adat Yogyakarta kancing terletak lurus dari atas kebawah.

Surjan ontrokusuma hanya khusus sebagai pakaian para bangsawan Mataram, sedangkan pakaian seragam bagi aparat kerajaan hingga prajurit, surjan seragamnya menggunakan bahan kain lurik dalam negeri, dengan motif lurik (garis-garis lurus). Untuk membedakan jenjang jabatan/kedudukan pemakainya, ditandai atau dibedakan dari besar-kecilnya motif lurik, warna dasar kain lurik dan warna-warni luriknya. Semakin besar luriknya berarti semakin tinggi jabatannya, atau semakin kecil luriknya berarti semakin rendah jabatannya.

surjan

Keunikan Surjan Jogja

Demikian, itulah ulasan tentang Keunikan Surjan Jogja dari www.anisalurik.com. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

Keunikan Surjan Jogja | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Keunikan Surjan Jogja

Komentar dinonaktifkan: Keunikan Surjan Jogja

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Biografi Desainer Batik Edward Hutabarat

thumbnail Ditulis pada: 10 December 2018

Biografi Desainer Batik Edward Hutabarat Kecintaannya terhadap kain batik Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Semua riset dan pendekatan secara individul ia lakukan demi melestarikan sekaligus mengenal proses pembuatan, dan pengorbanan wanita yang merakit sepotong kain. Edward Hutabarat atau yang akrab... Baca selengkapnya »

Ciri Khas Batik Danar Hadi

thumbnail Ditulis pada: 6 December 2018

Ciri Khas Batik Danar Hadi Batik merupakan kain dan pakaian yang mencerminkan Indonesia, dan bahkan sudah diakui UNESCO. Dengan diakuinya batik sebagai sebuah warisan budaya Indonesia, masyarakat pun diharapkan semakin bangga memakai batik. Hingga saat ini sudah banyak merek batik... Baca selengkapnya »

Biografi Desainer Ghea Panggabean

thumbnail Ditulis pada: 3 December 2018

Biografi Desainer Ghea Panggabean Wanita  yang memiliki nama lengkap Ghea Sukasah Panggabean lahir pada tanggal 1 Maret 1955. Meskipun terdaftar sebagai Waga Negara Indonesia (WNI), tetapi dia dilahirkan di kota Rotterdam, Belanda. Ghea Sukasah Panggabean atau biasa dipanggil Ghea adalah... Baca selengkapnya »

Desainer Anne Avantie

thumbnail Ditulis pada: 25 November 2018

Desainer Anne Avantie Anne Avantie wanita  kelahiran di Semarang, 20 Mei 1954, merupakan salah satu perancang busana Indonesia yang dikenal melalui berbagai koleksi kebaya batik hasil karyanya. Kebaya hasil karyanya telah dikenal hingga skala internasional dan sering dipakai oleh para... Baca selengkapnya »

Biografi Poppy Dharsono dan Batik

thumbnail Ditulis pada: 22 November 2018

Biografi Poppy Dharsono dan Batik Poppy Dharsono merupakan anak dari pasangan Lander Dharsono dan Siti Sumiyartini. Pada tahun 1970-an ia dikenal sebagai model dan peragawati ternama yang pernah tampil di Asia dan Eropa. Wajah Poppy Dharsono mungkin tidak asing di... Baca selengkapnya »