Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya?

Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya?

Ditulis pada: 2 January 2020 | Kategori: Uncategorized

Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya?

Klaten kota yang dijuluki kota bersinar ini memang begitu banyak menyimpan tempat wisata yang bagus dan indah, banyak juga makanan khas klaten, tempat wisata atau bahkan yang khas di kabupaten klaten ini salah satunya kain lurik, Kalau Solo dan Yogyakarta bangga dengan baju batiknya dengan beragam macam motif, Klaten memiliki kain tenun yang khas yakni lurik. Kain lurik sendiri dibuat dari benang katun pilihan yang ditenun secara tradisional dengan menggunakan alat tenun bukan mesin.

Kain lurik ini banyak dikerjakan oleh pengerajin di sekitar Pedan. Corak-corak dari lurik cendurung vertikal memanjang namun saat ini terdapat berbagai motif sebagai bagian dari pengembangan.

Terlebih lagi pemerintah daerah Kabupaten Klaten mengambil kebijakan dengan mewajibkan menggunakan baju dari bahan kain lurik bagi seluruh pegawai di lingkungan pemda Klaten setiap hari Kamis. Kebijakan ini diambil tentunya untuk membangkitkan kembali industri kain lurik yang pernah berjaya sebelum masuknya kain berwarna-warni buatan pabrik dengan harga murah.

Dan mengapa klaten terkenal akan luriknya karena kota klaten ini di salah satu kecamatan yang ada di klaten terkenal dengan pembuatan kain luriknya salah satunya kecamatan pedan, kabupaten klaten, Pedan tersohor sebagai kawasan penghasil kain tenun lurik. Sejatinya, di kawasan ini tidak hanya lurik yang hidup di atas pegiatnya. Kawasan ini ibarat kota sejarah yang terlupakan. Berdiri di sana sebuah pabrik gula peninggalan Belanda dengan cerobong asap yang menjulang tinggi. Bau ampas tebu menjadi aroma yang khas kala menyeberangi rel kereta api. dulu di tempat ini banyak masyarakat yang berprofesi sebagai pembuat kain tenun lurik, itu menjadi alasan mengapa klaten terkenal kan luriknya.

Sebagai tengara Kecamatan Pedan, dibangun beberapa patung orang menenun yang akan mengarahkan wisatawan menuju salah satu pabrik tenun yang sudah lama berdiri. Menjadi simbolis juga bahwa kota klaten tepatnya kecamatan pedan menjadi kota sejarah kain tenun lurik, dan patung itu masih berdiri sampe sekarang.

Bisnis lurik semakin laris dan dilirik banyak daerah. Dalam misi menyejahterakan masyarakat Pedan, pada 1952 didirikanlah koperasi primer Pengusaha Perusahaan Tenun (PPT). Orde lama pernah bersabda, ‘berdikari berpijak di kaki sendiri, tidak bergantung dari luar’. Benteng-benteng koperasi pun mulai berdiri. Seperti G.K.B.J (Gabungan Koperasi Batik Indonesia), Koperasi Tekstil Seluruh Indonesia (Kopteksi), yang berlandaskan koperasi kerakyatan.

Keberadaan koperasi ini sangat mendukung dalam usaha industri tenun lurik di Pedan. Keperluan seperti bahan dasar tenun yang berupa benang dan pewarna dikoordinir oleh koperasi sehingga pengadaan bahan tenun tidak sembarang tempat dan harga pasar tidak dipermainkan tengkulak. Itulah sebabnya, Bapak Koperasi disematkan atas kebaikan Bung Hatta yang menaruh rasa peduli pada rakyat kecil melalui pendirian koperasi di Indonesia.

Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya?

Nah itulah sedikit banyak tentang Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya? dari www.anisalurik.com. Semoga penjelasan di atas bermanfaat

 

Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya? | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan lurik, kebaya lurik, kemeja lurik, lurik batik, dress lurik, blangkon,selop

Tags: Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya?

Komentar dinonaktifkan: Mengapa Klaten Terkenal akan Luriknya?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya!

thumbnail Ditulis pada: 27 February 2020

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya! Kebaya menjadi salah satu busana nusantara yang selalu mewarnai dunia fashion, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kebanggaan ini tentunya didukung oleh berbagai pihak, tak terkecuali desainer kondang yang kerap menyuguhkan karya kebaya dengan... Baca selengkapnya »

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya!

thumbnail Ditulis pada: 21 February 2020

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya! Profesi desainer atau perancang busana sedang menjadi tren saat ini, mulai dari kaum milenial hingga jajaran selebritis mulai merambah ke bidang ini untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Saat ini perkembangan fashion mode di... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik?

thumbnail Ditulis pada: 13 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin.... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

thumbnail Ditulis pada: 10 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin. Lurik... Baca selengkapnya »

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik

thumbnail Ditulis pada: 8 February 2020

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik Seiring dengan perkembangan dunia mode, banyak desainer yang memanfaatkan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik sebagai koleksinya. Berbicara tentang lurik, kain tersebut kini kembali eksis dan banyak dipakai oleh para pecinta mode,... Baca selengkapnya »