Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Mengenal Lurik Abdi Dalem

Mengenal Lurik Abdi Dalem

Ditulis pada: 25 May 2019 | Kategori: Uncategorized

Mengenal Lurik Abdi Dalem

Jika melihat sebagian kaum lelaki warga Jogja mengenakan busana atau pakaian lengkap adat jawa lengkap dengan ikat kepala (blangkon), baju lurik, bawahan jarik, dan terselip pendhok/keris) mereka boleh jadi seorang Abdi dalem yang sedang akan akan pulang dari Keraton Yogyakarta. Dan pakaian dinas yang mereka kenakan tersebut, yakni baju yang dikenakan kaum lelaki dinamakan ‘Lurik Peranakan’. Kebanyakan orang memahami bahwa motif ini hanya dipakai oleh abdi dalem keraton. Baju korpri jaman dulu kata kebanyakan orang untuk menyederhanakannya. Tapi tak banyak yang mengerti latar belakangnya.

Terdapat 6 buah kancing di leher yang melambangkan rukun iman, serta 5 buah kancing di ujung lengan yang melambangkan rukun Islam(seperti kita kerahui bersama bahwa keraton Yogyakarta dibangun berlandaskan agama Islam). Model baju ini dinamakan demikian agar Abdi Dalem satu dan yang lainnya menjalin persaudaraan selayaknya saudara kandung atau satu keturunan/ peranakan.

Untuk bahan yang digunakan pada baju peranakan adalah kain lurik dengan motif telupat (garis berseling 3 dan 4) mungkin sejenis kaun tenun. Umumnya lurik yang dipakai berwarna biru tua atau biru laut yang menandakan kekhusyukan hati sedalam lautan. Bagi Darah Dalem (pangeran hingga cucu/wayah), boleh menggunakan lurik berwarna selain biru tua.

IMG_20180406_060637_094

Mengenal Lurik Abdi Dalem

Demikan artikel tentang Mengenal Lurik Abdi Dalem dari www.anisalurik.com, semoga bermanfaat.

Mengenal Lurik Abdi Dalem | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Mengenal Lurik Abdi Dalem

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Lurik Abdi Dalem

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Melirik Usaha Kain Lurik di Klaten

lurik hitam Ditulis pada: 17 August 2019

Melirik Usaha Kain Lurik di Klaten Saat ini, inovasi dalam lurik pun terus berkembang. Tak sekadar dari motif dan warna garis-garis yang semakin variatif, tetapi lurik pun dimodifikasi dalam hal kain hingga produk turunannya. Hal ini dirasakan oleh para pengusaha... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Mendesain Corak Kain Batik?

thumbnail Ditulis pada: 15 August 2019

Bagaimana Cara Mendesain Corak Kain Batik? Salah satu bentuk seni lukis atau menggambar yang bisa diajarkan kepada anak-anak adalah menggambar pola-pola atau motif-motif batik. Ya, batik adalah salah satu bentuk seni lukis kebanggaan Indonesia. Untuk menciptakan motif batik yang tidak... Baca selengkapnya »

Potensi Bisnis Kain Tenun di Daerah Wisata

thumbnail Ditulis pada: 10 August 2019

Potensi Bisnis Kain Tenun di Daerah Wisata Kekayaan Indonesia akan kebudayaan ini sudah diakui oleh negara lainnya. Selain batik, banyak kain tradisional Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Salah satu entitas fashion yang erat kaitannya dengan kebudayaan di Indonesia... Baca selengkapnya »

Bisnis Kain Tenun dengan Modal Kecil, Apa Bisa?

thumbnail Ditulis pada: 8 August 2019

Bisnis Kain Tenun dengan Modal Kecil, Apa Bisa? Indonesia merupakan negara dengan kekayaan budaya yang melimpah, dari sabang sampai merauke kebudayaan Indonesia berbeda-beda dan sangat beragam. Salah satunya tenun yang merupakan kekayaan nusantara ini merupakan salah satu ragam budaya khas dari Indonesia... Baca selengkapnya »

Kiat Berjualan Kain Tradisional

thumbnail Ditulis pada: 3 August 2019

Kiat Berjualan Kain Tradisional Siapun bisa mendulang untung dari keinginan untuk melestarikan budaya. Namun demikian, jika ingin bisnisnya berkelanjutan, pengusaha harus terus melakukan inovasi produk dan menyesuaikannya dengan selera masyarakat saat ini. Oleh karena itu, bagi anda yang berjualan kain... Baca selengkapnya »