Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Mengenal Lurik Jawa

Mengenal Lurik Jawa

Ditulis pada: 29 May 2019 | Kategori: Uncategorized

Mengenal Lurik Jawa

Indonesia dikaruniai keragaman suku bangsa yang masing-masing memiliki budayanya sendiri. Hal tersebut terlihat pula pada cara berpakaian yang tidak sama antara satu suku bangsa dengan suku bangsa lainnya, berbeda dalam gaya, bentuk serta bahan yang digunakan, kemudian menjadi ciri khas masing-masing daerah bersangkutan. Demikian halnya dengan masyarakat Jawa di Yogyakarta, memiliki pakaian tradisional yang khas, yaitu salah satunya lurik.

Pada mulanya, lurik dibuat dalam bentuk sehelai selendang yang berfungsi sebagai kemben (penutup dada bagi wanita) dan sebagai alat untuk menggendong sesuatu dengan cara mengikatkannya pada tubuh, sehingga kemudian lahirlah sebutan lurik gendong. Motif lurik masih sangat sederhana, dibuat dalam warna yang terbatas, yaitu hitam, putih atau kombinasal antarkeduanya.

Alat yang digunakan untuk menenun dikenal dua macam alat, yaitu alat tenun bendho dan alat tenun gendong. Adapun alat tenun bendho terbyat dari bambu atau batang kayu, biasanya digunakan untuk membuat stagen. Stagen yaitu ikat pinggang dari tenunan benang yang sangat panjang dan digunakan untuk pengikat kain (jarik) oleh para wanita Jawa. Alat tenun ini digunakan dengan posisi berdiri.

Dahulu, kain lurik dipakai hampir oleh semua orang, sebagai busana sehari-hari. Untuk wanita dibuat kebaya, atau tapih/nyamping/jarik (kain untuk bawahan). Untuk pria, sebagai bahan baju pria, di Solo disebut dengan beskap, sedangkan di Yogyakarta dinamakan dengan surjan. Selain dibuat untuk bahan pakaian ataupun selendang, yang lebih penting lagi bahwa kain lurik ini dahulu digunakan dalam upacara yang berkaitan dengan kepercayaan, misalnya labuhan ataupun upacara adat lain seperti ruwatan, siraman, mitoni, dan sebagainya.

lurik hitam

Mengenal Lurik Jawa

Demikianlah artikel tentang Mengenal Lurik Jawa dari www.anisalurik.com. Semoga artikr ini memberi inspirasi kepada desainer di berbagai tempat di Indonesia, untuk mengangkat tenun daerah menjadi bagian kehidupan modern, mengingat Indonesia begitu kaya dengan berbagai macam tenun.

Mengenal Lurik Jawa | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Mengenal Lurik Jawa

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Lurik Jawa

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Jual Lurik untuk Pria

IMG-20171006-WA0015 Ditulis pada: 19 June 2019

Jual Lurik untuk Pria Pakaian Adat Yogyakarta untuk pria dewasa yang dikenal dengan busana surjan. Pakaian atau kemeja khas jawa Surjan ini terbuat dari tenunan benang tradisional yang membentuk potongan baju bermotif garis-garis. Sangat kental nuansa tradisional dan budaya leluhur.... Baca selengkapnya »

Jual Lurik untuk Bayi

thumbnail Ditulis pada: 13 June 2019

Jual Lurik untuk Bayi Seperti yang kita ketahui lurik merupakan sebuah busana adat jawa yang memiliki motif unik. Dahulu baju lurik ini hanya digunakan oleh golongan tertentu saja. Namun ditengah perkembangan dunia fashion yang pesat seperti sekarang ini, baju lurikĀ ... Baca selengkapnya »

Jual Lurik untuk Anak

surjan anak Ditulis pada: 11 June 2019

Jual Lurik untuk Anak Dulunya kain lurik hanya dibuat menjadi pakaian yang formal seperti kemeja dan blouse saja namun pada saat ini demi melestarikan lurik sehingga para anak muda pun bisa memakainya dalam berbagai kesempatan. Kain lurik juga kini telah... Baca selengkapnya »

Cara Desain Atasan Berbahan Lurik

lurik Ditulis pada: 6 June 2019

Cara Desain Atasan Berbahan Lurik Model baju terbaru atasan berbahan lurik saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat maju. Baju atasan berbahan lurik terbaru modern modis cantik tersedia aneka macam variasi mulai dari lengan panjang atasan muslimah ukuran jumbo dan... Baca selengkapnya »

Mengenal Lurik Pacitan

IMG-20171006-WA0022 Ditulis pada: 3 June 2019

Mengenal Lurik Pacitan Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pacitan dulu pernah jadi bagian dari dua keraton besar di tanah Jawa tersebut. Dari pertimbangan ini akhirnya diputuskan bahwa pakaian khas Pacitan mengadopsi budaya Surakarta dam Yogyakarta dengan mengambil lurik, tetapi dengan mode yang... Baca selengkapnya »