Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Mengenal Lurik Pacitan

Mengenal Lurik Pacitan

Ditulis pada: 3 June 2019 | Kategori: Uncategorized

Mengenal Lurik Pacitan

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pacitan dulu pernah jadi bagian dari dua keraton besar di tanah Jawa tersebut. Dari pertimbangan ini akhirnya diputuskan bahwa pakaian khas Pacitan mengadopsi budaya Surakarta dam Yogyakarta dengan mengambil lurik, tetapi dengan mode yang berbeda yaitu potong gulon bukan surjan.

Dikarenakan Pacitan termasuk wilayah Jawa Timur, maka ada sedikit modifikasi, yakni sabuk ebok. Diketahui, kajian terkait pakaian lurik Pacitan ini sudah dilakukan selama dua tahun lamanya dan pada bulan januari 2015 baru diputuskan dengan adanya Perbup tersebut. Namun demikian, masyarakat Pacitan tidak perlu khawatir terkait baju lurik ini, dikarenakan pakaian lurik hanya dipakai saat Hari Jadi Pacitan, sehingga tidak mengancam eksistensi batik khas Pacitan yang juga sedang dikembangkan.

Dalam desain baju adat Pacitan ini, ada dua model desain, yakni busana resmi pria dan wanita, serta busana harian pria dan wanita. Untuk busana resmi pria terdiri dari blangkon kalijagan, beskap warna hitam (wulung), jarik (Wiron) sogan dasar krem motif sidomukti, cinde latar hitam, epek timang, keris, rantai lionton gilig (bisa dari batu chalcedony), kancing batu jasper merah jumlah lima knop leher 2, bros gunung limo pacitan, cincin akik (diutamakan chalcedony) dan sandal slop.

Kemudian, untuk busana resmi wanita, terdiri dari sanggul atau jilbab/kudung, kebaya hitam (wulung), batik sogan dasar krem motif sidomukti, slop, dengan keterangan yang berjilbab tidak berselendang jika tidak berjilbab memakai selendang. Selain baju resmi, pakaian adat pria juga ada yang berbentuk pakaian harian, yang terdiri dari busana harian pria dengan model Iket model Pacitan, Baju lurik potong gulon/koko, Kaos hitam polos,  sabuk kulit, Celana kagok hitam serta Sandal srampat kulit atau ban.

Sementara untuk busana Harian Wanita, terdiri atas sanggul biasa atau jilbab/kudung, kebaya lurik kartinian, jarik latar hitam/wulung dan sandal srampat. Khusus untuk pakaian harian ini, bagi wanita boleh tidak bersanggul dengan ragam asesoris rambut bebas rapi dan praktis (untuk yang tidak berjilbab).

IMG-20171006-WA0022

Mengenal Lurik Pacitan

Demikianlah artikel tentang Mengenal Lurik Pacitan dari www.anisalurik.com. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

 

Mengenal Lurik Pacitan | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan lurik, kebaya lurik, kemeja lurik, lurik batik, dress lurik, blangkon,selop

Tags: Mengenal Lurik Pacitan

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Lurik Pacitan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya!

thumbnail Ditulis pada: 27 February 2020

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya! Kebaya menjadi salah satu busana nusantara yang selalu mewarnai dunia fashion, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kebanggaan ini tentunya didukung oleh berbagai pihak, tak terkecuali desainer kondang yang kerap menyuguhkan karya kebaya dengan... Baca selengkapnya »

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya!

thumbnail Ditulis pada: 21 February 2020

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya! Profesi desainer atau perancang busana sedang menjadi tren saat ini, mulai dari kaum milenial hingga jajaran selebritis mulai merambah ke bidang ini untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Saat ini perkembangan fashion mode di... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik?

thumbnail Ditulis pada: 13 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin.... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

thumbnail Ditulis pada: 10 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin. Lurik... Baca selengkapnya »

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik

thumbnail Ditulis pada: 8 February 2020

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik Seiring dengan perkembangan dunia mode, banyak desainer yang memanfaatkan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik sebagai koleksinya. Berbicara tentang lurik, kain tersebut kini kembali eksis dan banyak dipakai oleh para pecinta mode,... Baca selengkapnya »