Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan

Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan

Ditulis pada: 18 October 2018 | Kategori: Uncategorized

Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan

Motifnya yang simpel membuat kain lurik mudah untuk dipadupadankan dengan fashion items lainnya. Kain yang sudah digunakan sejak abad ke-9 ini dulunya hanya digunakan oleh golongan bangsawan di Jawa. Kini, kain ini semakin menjadi tren ketika desainer asal Yogya, Lulu Lutfi Labibi menjadikan kain ini dalam berbagai model atasan dan bawahan. Apalagi, meski modelnya cukup simpel bisa digunakan untu seserahan. Untuk memilih kain lurik sebagai hadiah seserahan  berikut ada beberapa Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan.

1. Lihat permukaan dua sisi kain lurik. Kain lurik tenun asli dua sisi permukaan bolak-baliknya sama. Hal ini dikarenakan proses pewarnaan pada kain tenun lurik dimulai dari benang. Jika satu permukaan warnanya dijumpai tidak sama (atau berwarna putih), maka sudah bisa dipastikan itu kain hasil printing mesin yang bermotif serupa lurik.

2. Terawanglah kain lurik, maka akan bisa dilihat kerapatan benang pada kain tersebut. Kain lurik yang dikerjakan dengan tenun secara tradisional, maka kerapatan benangnya tidak sama. Hal ini dikarenakan tenaga manusia yang kurang bisa konsisten seperti halnya mesin. Ada kalanya tenaga manusia kuat saat menenun, ada kalanya pula lemah karena kondisi capai dalam menenun. Hal ini berdampak pada kerapatan benang yang dihentakkan pada saat menenun.

3. Periksalah tepi kain lurik tersebut. Kain lurik yang dikerjakan secara tradisional cenderung kurang rapi. Berbeda halnya dengan yang dikerjakan dengan mesin yang sudah ada tambahan alat untuk merapikan tepi kain.

4. Kain tenun memiliki ciri susut pada saat pertama kali kena rendam air. Maka sebaiknya kain lurik direndam terlebih dahulu sebelum dijahit. Kain lurik yang kualitas bagus memiliki ciri susutnya sedikit ketika direndam, yakni penyusutan 2-5 cm per meternya. Maka ketika memilih kain lurik, pilihlah kain lurik yang mempunyai kerenggangan/kerapatan benang yang lebih rapat supaya sedikit penyusutannya ketika dicuci untuk pertama kali.

5. Kain lurik mungkin terkesan kaku ketika masih baru. Namun, sebenanrnya itu lebih berkualitas karena kerapatan benangnya lebih rapat. Setelah kemudian dicuci, maka kain lurik yang kaku tersebut nantinya akan lebih lembut.

lurik hijau

Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan

Itulah sedikit ulasan mengenai Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan dari www.anisalurik.com. Tertarik membuat seserahan dengan kain lurik? Di www.anisalurik.com.menyediakan kain lurik yang asli untuk seserahan yang terjamin berkualitas dan harga pas biasa anda dapatkan di www.anisalurik.com.

Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan, kebaya lurik, kemeja lurik, tas lurik, dress lurik, blangkon

Tags: Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan

Komentar dinonaktifkan: Tips Memilih Kain Lurik untuk Seserahan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Melirik Usaha Kain Lurik di Klaten

lurik hitam Ditulis pada: 17 August 2019

Melirik Usaha Kain Lurik di Klaten Saat ini, inovasi dalam lurik pun terus berkembang. Tak sekadar dari motif dan warna garis-garis yang semakin variatif, tetapi lurik pun dimodifikasi dalam hal kain hingga produk turunannya. Hal ini dirasakan oleh para pengusaha... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Mendesain Corak Kain Batik?

thumbnail Ditulis pada: 15 August 2019

Bagaimana Cara Mendesain Corak Kain Batik? Salah satu bentuk seni lukis atau menggambar yang bisa diajarkan kepada anak-anak adalah menggambar pola-pola atau motif-motif batik. Ya, batik adalah salah satu bentuk seni lukis kebanggaan Indonesia. Untuk menciptakan motif batik yang tidak... Baca selengkapnya »

Potensi Bisnis Kain Tenun di Daerah Wisata

thumbnail Ditulis pada: 10 August 2019

Potensi Bisnis Kain Tenun di Daerah Wisata Kekayaan Indonesia akan kebudayaan ini sudah diakui oleh negara lainnya. Selain batik, banyak kain tradisional Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Salah satu entitas fashion yang erat kaitannya dengan kebudayaan di Indonesia... Baca selengkapnya »

Bisnis Kain Tenun dengan Modal Kecil, Apa Bisa?

thumbnail Ditulis pada: 8 August 2019

Bisnis Kain Tenun dengan Modal Kecil, Apa Bisa? Indonesia merupakan negara dengan kekayaan budaya yang melimpah, dari sabang sampai merauke kebudayaan Indonesia berbeda-beda dan sangat beragam. Salah satunya tenun yang merupakan kekayaan nusantara ini merupakan salah satu ragam budaya khas dari Indonesia... Baca selengkapnya »

Kiat Berjualan Kain Tradisional

thumbnail Ditulis pada: 3 August 2019

Kiat Berjualan Kain Tradisional Siapun bisa mendulang untung dari keinginan untuk melestarikan budaya. Namun demikian, jika ingin bisnisnya berkelanjutan, pengusaha harus terus melakukan inovasi produk dan menyesuaikannya dengan selera masyarakat saat ini. Oleh karena itu, bagi anda yang berjualan kain... Baca selengkapnya »