Butuh Bantuan? Customer Service ANISA LURIK siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami

Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami

Ditulis pada: 6 July 2019 | Kategori: Uncategorized

Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami

Kepopuleran kain tenun sudah tidak diragukan lagi ketenarannya. Berbagai perancang lokal dan internasional sudah lama melirik dan mengolah kain tenun tradisional yang sarat nilai-nilai budaya ini. Namun, kain yang terkenal mahal ini memerlukan perawatan yang tidak mudah juga. Anda tidak ingin kan mengeluarkan biaya mahal namun mendapati kain tenun Anda menjadi cepat rusak karena kesalahan teknik perawatan? Berikut kami bagikan Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami untuk kita yang mencintai budaya lokal Indonesia.

– Masukkan kain tenun ke dalam air jernih lalu goyang-goyangkan selama beberapa saat. Jika air menjadi cepat sekali keruh, itu berarti zat pewarna yang digunakan tidak cukup kuat dan lekas luntur, jadi sebaiknya Anda menghindari kain tenun tersebut dari air.

– Setelah mencuci, usahakanlah untuk tidak memeras kain agar kain tidak menjadi belel setelah dicuci. Selain itu, karena tidak diperas, kain jadi lebih awet dan struktur benangnya tidak mudah patah.

– Setelah mencuci pula, jemurlah di tempat yang teduh atau diangin-anginkan. Seperti halnya kain batik dengan pewarna alami, kain tenun asli sangat berbahaya jika terkena sinar matahari langsung karena dapat membuat zat pewarnanya (yang biasanya menggunakan zat pewarna alami) menjadi cepat pudar dan belel.

– Untuk teknik pencucian sehari-hari, ada baiknya jika kita mencuci kain tenun asli dengan lerak atau bahan pencuci khusus. Hindari sabun deterjen yang banyak mengandung zat kimia. Jika Anda tidak dapat menemukan lerak, maka gunakanlah shampu bayi atau bahan pencuci dengan kadar zat kimia yang rendah.

– Ketika menyetrika, hindari sentuhan langsung antara logam besi setrika dengan kain tenun Anda. Gunakan kain pelapis lain untuk melapisi antara kain tenun dengan mesin setrika.

– Untuk menyimpan kain tenun, sebaiknya digulung dan dibungkus kertas. Karena jika dilipat, maka ketika Anda ingin mengenakan, ada bekas lipatan yang tidak mudah hilang pada bahan kain tenun.

tenun-gerimis

Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami

Demikian Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami dari www.anisalurik.com. Semoga saran ini dapat membantu sobat dalam menjaga keindahan koleksi tenun yang sobat miliki. Ingatlah untuk merawat tenun milik kita, sebagai bagian dari pelestarian kekayaan Nusantara. Selamat mencoba.

Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami | ANISA LURIK | jual lurik, kain lurik, batik, surjan lurik, kebaya lurik, kemeja lurik, lurik batik, dress lurik, blangkon,selop

Tags: Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami

Komentar dinonaktifkan: Tips Perawatan kain Tenun Pewarna Alami

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya!

thumbnail Ditulis pada: 27 February 2020

Belajar Jadi Desainer Kebaya Batik, Ini Langkahnya! Kebaya menjadi salah satu busana nusantara yang selalu mewarnai dunia fashion, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kebanggaan ini tentunya didukung oleh berbagai pihak, tak terkecuali desainer kondang yang kerap menyuguhkan karya kebaya dengan... Baca selengkapnya »

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya!

thumbnail Ditulis pada: 21 February 2020

Ingin Jadi Desainer Fashion? Ini Tipsnya! Profesi desainer atau perancang busana sedang menjadi tren saat ini, mulai dari kaum milenial hingga jajaran selebritis mulai merambah ke bidang ini untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Saat ini perkembangan fashion mode di... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik?

thumbnail Ditulis pada: 13 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik Batik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin.... Baca selengkapnya »

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik?

thumbnail Ditulis pada: 10 February 2020

Bagaimana Cara Pembuatan Kain Lurik? Lurik adalah kain dengan motif bergaris-garis kecil yang secara tradisional menjadi pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin. Lurik... Baca selengkapnya »

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik

thumbnail Ditulis pada: 8 February 2020

Tips Membuat Desain Kemeja Berbahan Lurik Seiring dengan perkembangan dunia mode, banyak desainer yang memanfaatkan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan lurik sebagai koleksinya. Berbicara tentang lurik, kain tersebut kini kembali eksis dan banyak dipakai oleh para pecinta mode,... Baca selengkapnya »